Viral, Penampakan Uang Khusus HUT RI ke-75

  • Whatsapp

JAKARTA– Bertepatan dengan Hari Kemerdekaan ke-75, Bank Indonesia akan meluncurkan uang khusus seri Kemerdekaan. Peluncuran akan berlangsung secara virtual kanal Youtube BI hari ini mulai pukul 11.15 WIB.

Departemen Pengelolaan Uang BI dalam keterangannya menyebutkan uang rupiah khusus dikeluarkan oleh BI dalam rangka memperingati peristiwa atau tujuan tertentu.

Uang khusus ini memiliki nilai nominal berbeda. Uang rupiah khusus terdiri dari koin dan atau kertas yang tidak dipotong sehingga menyerupai satu lembaran besar yang terdiri dari beberapa lembar uang (uang bersambung).

Uang rupiah khusus merupakan alat pembayaran yang sah, namun biasanya tidak digunakan sebagai alat tukar. Uang ini juga merupakan sarana perkembangan numismatika (koleksi uang di Indonesia).

Setiap edisi yang dikeluarkan dengan kemasan yang menarik dan unik sehingga sering dijadikan sebagai cendera mata.

BI beberapa kali mengeluarkan uang edisi khusus di antaranya 25 tahun Kemerdekaan RI, perjuangan angkatan 45, kemudian 50 tahun Kemerdekaan RI, Hari Anak, cagar alam, hingga 100 tahun pemimpin Indonesia.

Rencananya, Gubernur BI Perry Warjiyo rencananya meresmikan peluncuran pengeluaran uang peringatan kemerdekaan 75 tahun RI itu.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati juga akan memberikan sambutan termasuk meresmikan peluncuran uang khusus itu bersama Gubernur BI.

Dalam peluncuran itu juga diagendakan penyerahan simbolis uang peringatan kemerdekaan 75 tahun kepada keluarga Proklamator secara virtual.

Berikut ciri-ciri Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI;

Bagian Muka:

Gambar utama Pahlawan Nasional Dr. (H.C.) Ir. Soekarno – Dr. (H.C.) Drs. Mohammad Hatta
gambar bunga Anggrek Bulan yang di dalamnya berisi logo Bank Indonesia yang akan berubah warna dan memiliki efek gerak dinamis apabila dilihat dari sudut pandang berbeda

Hasil cetak yang akan terasa kasar apabila diraba pada bagian gambar utama pahlawan, dan tulisan nominal tujuh puluh lima ribu rupiah pada sisi muka uang.

Tanda air berupa gambar Pahlawan Nasional Dr. (H.C.) Ir. Soekarno dan Dr. (H.C.) Drs. Mohammad Hatta serta electrotype berupa angka “75” yang dapat diterawang

gambar saling isi (rectoverso) dari logo Bank Indonesia yang dapat dilihat secara utuh apabila diterawangkan ke arah cahaya.

Hasil cetak yang memendar dalam satu atau beberapa warna apabila dilihat dengan sinar ultraviolet berupa:

gambarpengibaran bendera pada peristiwa Proklamasi 17 Agustus 1945

gambar motif songket yang berasal dari daerah Sumatera Selatan; dan 3 jembatan Youtefa Papua.

Bagian Belakang:

Gambar anak Indonesia menggunakan pakaian adat daerah

Nomor seri yang meliputi tiga huruf dan 6 (enam) angka.

Hasil cetak yang terasa kasar apabila diraba pada bagian anak Indonesia, peta indonesia dalam bola dunia, dan tulisan “DENGANRAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA, NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA MENGELUARKAN RUPIAH SEBAGAI ALAT PEMBAYARAN YANG SAH DENGAN NILAI TUJUH PULUH LIMA RIBU RUPIAH”.

Tanda air berupa gambar Pahlawan Nasional Dr. (H.C.) Ir. Soekarno dan Dr. (H.C.) Drs. Mohammad Hatta serta electrotype berupa angka “75” yang dapat diterawang

gambar saling isi (rectoverso) dari logo Bank Indonesia yang dapat dilihat secara utuh apabila diterawangkan ke arah cahaya

Hasil cetak yang memendar dalam satu atau beberapa warna apabila dilihat dengan sinar ultraviolet berupa:

1) gambar motif tenun Gringsing yang berasal dari Bali; 2) angka “75000”; 3) angka “75”; 4) bidang persegi empat yang berisi tulisan “NKRI”; dan 5) nomor seri yang meliputi 3 (tiga) huruf dan 6 (enam) angka.

Nah agar masyarakat dapat mengenali ciri-ciri keaslian Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI, Bank Indonesia telah menyediakan media komunikasi dan edukasi kepada masyarakat melalui poster serta informasi yang dapat diunduh melalui website Bank Indonesia atau melalui tautan https://pintar.bi.go.id. (fin/fajar).

sumber: www.fin.co.id

banner 300600

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *